Tips Belajar Asyik dan Menyenangkan, Join With Avicenna Education Malang

JOIN WITH AVICENNA EDUCATION MALANG (Bimbel dan Les Privat SD SMP Malang)

Segera daftarkan putra putri Anda ke Bimbel dan Les Privat SD SMP Avicenna Malang, caranya mudah hubungi kami di 081233309365, Biaya Hemat Prestasi Hebat.

Belajar adalah kegiatan yang wajib dilakukan bagi setiap manusia khususnya generasi muda, belajar tentunya penuh hambatan seperti malas, bosan, mengantuk, dan lain lain oleh karena itu dibutuhkan metode pembelajaran yang asyik dan menyenangkan agar konsentrasi belajar tetap terjaga pada waktu yang efektif untuk belajar. Berikut tips untuk belajar yang asyik dan menyenangkan:

#1: Ciptakan suasana yang nyaman
Jangan sesekali belajar di tempat yang tidak kamu sukai. Belajarlah dengan suasana yang nyaman, senyaman pikiran kamu. Kamu bisa coba belajar di kamar, teras rumah atau bahkan di taman. Atau juga bisa belajar sambil mendengarkan musik. Intinya, ciptakan suasana yang menurut kamu nyaman.

#2: Pahami materi dan jangan menghafal
Menghafal memang ampuh untuk mendapat nilai yang memuaskan. Tapi percuma, pengetahuan kita tidak bertambah. Tidak jarang juga lewat satu minggu saja lupa materi apa yang dihafal. Untuk itu, belajarlah dengan memahami garis besar materi, bagaimana konsepnya dan bagaimana detail-nya.

#3: Belajar rutin dan jangan terlalu lama
Sistem kebut semalam, ini yang sering kita lakukan. Sistem belajar semacam ini tidak menumbuhkan pengetahuan, tapi malah tekanan. Walhasil, rasa grogi ketika menghadapi ujian akan terus muncul sampai kapanpun. Atasi segera dengan belajar rutin 30 menit setiap pagi dan malam dengan serius.

#4: Belajar dengan mind map
Mind map atau peta pikiran dicetuskan oleh pakar pendidikan Tony Buzan. Metode ini terbukti ampuh untuk mengingat materi pelajaran. Kamu bisa mencobanya ketika hendak belajar rutin setiap hari. Sebelum itu, buatlah mind map di selembar kertas A4 untuk setiap bab yang ingin dipelajari.

#5: Belajar sambil diskusi
Jika kamu merasa kurang paham belajar sendirian, kamu bisa coba belajar sambil diskusi. Kalau perlu, buatlah teman diskusi di kelasmu dan buat jadwal belajar bersama. Ini akan semakin memudahkan kamu dalam memahami sebuah materi pelajaran karena ada sistem tutor sebaya.

Source: http://www.ifantastis.com/2015/01/cara-belajar-efektif.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *