Pentingnya Les Tambahan bagi Pelajar SD SMP

Pentingnya Strategi, Metode dan Teknik Belajar Mengajar yang tepat.

Beberapa waktu yang lalu saya menggantikan teman saya memberikan les bimbingan belajar karena dia ada tugas di kampus. Kebetulan waktu itu menjelang ujian tengah semester (UTS) sehingga les tidak bisa diliburkan. Dari pengamatan yang saya lakukan, saya sangat prihatin karena penguasaan materi anak-anak SD dan SMP sangat lemah. Seharusnya kalau di sekolah sudah dilakukan proses belajar mengajar dengan ketuntasan ideal 75% tidak mungkin kondisinya seperti ini. Saya coba menggali informasi dari mereka apakah di sekolah sudah dijelaskan oleh guru mengenai materi ini? Rata-rata mereka mengatakan sudah dijelaskan tetapi mereka belum paham.

Berangkat dari kondisi tersebut saya jadi teringat waktu awal-awal munculnya teknik CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif). Pada waktu itu banyak orang tua siswa SD disekitar tempat tinggal saya yang stress karena tiap sore hari anak-anaknya menangis karena tidak bisa mengerjakan PR. Rupanya si anak tidak mendapatkan penjelasn yang memadai sehingga tidak bisa mengerjakan tugas yang harus dikerjakan dirumah. Mungkin anak-anak belum bisa diajak belajar dengan metode CBSA. Dari sini saya menyimpulkan bahwa penggunaan strategi, metode dan teknik belajar mengajar yang baik menurut kurikulum belum tentu cocok dengan kondisi sekolahan di desa-desa. Dalam menghadapi kondisi seperti ini guru hendaknya kreatif mencari strategi, cara, dan metode yang sesuai sehingga tujuan pengajaran bisa dicapai. Untuk apa proses belajar mengajar dilaksanakan kalau hasilnya nol?

Strategi belajar-mengajar adalah cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu, yang meliputi sifat, lingkup dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa. Strategi belajar-mengajar tidak hanya terbatas pada prosedur kegiatan, melainkan juga termasuk di dalamnya materi atau paket pengajarannya. Strategi belajar-mengajar terdiri atas semua komponen materi pengajaran dan prosedur yang akan digunakan untuk membantu siswa mencapai tujuan pengajaran tertentu dengan kata lain strategi belajar-mengajar juga merupakan pemilihan jenis latihan tertentu yang cocok dengan tujuan yang akan dicapai Tiap tingkah laku yang harus dipelajari perlu dipraktekkan. Karena setiap materi dan tujuan pengajaran berbeda satu sama lain, maka jenis kegiatan yang harus dipraktekkan oleh siswa memerlukan persyaratan yang berbeda pula.

Sedangkan metode, adalah cara yang digunakan dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan. Hal ini berlaku baik bagi guru (metode mengajar), maupun bagi siswa (metode belajar). Makin baik metode yang dipakai, makin efektif pula pencapaian tujuan. Jadi keberhasilan sebuah proses banyak dipengaruhi oleh penggunaan strategi belajar mengajar yang baik dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat

 

Nah, mengingat adanya permasalahan tersebut kami Lembaga Bimbingan Belajar Avicenna hadir ditengah-tengah   permasalahan tersebut sebagai solusi untuk membantu pelajar agar belajar hingga tuntas dengan metode dan strategi yang efektif dan telaten.

Dengan biaya yang sangat murah yaitu hanya 10 ribu saja, Anda sudah bisa bergabung bersama kami..

Ayoo segera mendaftar!!!

Avicenna Education Malang
0896-2585-9609 | 0812-3330-9365

Jl. Simpang KH. Yusuf, Puri Kartika Asri D7
Kota Malang – Jawa Timur

FB: Avicenna Malang

Website: www.avicenna-education.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *