Menyoal Pendidikan

Menyoal Pendidikan

        Avicenna Education –  Pendidikan merupakan investasi jangka panjang bagi manusia yang sangat bermakna bagi kelangsungan dan kemajuan individu, keluarga, msyarakat dan negara. Pendidikan akan menjadi salah satu penentu keberhasilan roda kehidupan manusia. Manusia yang pendidikannya maju, mapan dan tertuntaskan, akan maju, mapan dan tertuntaskan pula dalam kehidupan yang dia hadapi selanjutnya. Kesuksesan hidup seorang setiap individu atau warga negara menjadi bagian penentu sebagai modal dasar kemajuan suatu negara.

        Kemajuan suatu negara akan banyak ditentukan oleh kemajuan pendidikan warga negaranya. Bila pendidikan suatu warga negara berhasil, akan berhasil pula suatu negara. Sebaliknya, bila pendidikan suatu warga negara tidak berhasil, maka juga akan mempengaruhi kemajuan suatu negara. Oleh sebab itu, pendidikan sangat penting dan akan menjadi penentu kemajuan suatu negara.

Pendidikan sebenarnya menjadi tanggung jawab bersama setiap individu manusia yang terlahir di dunia. Pendidikan merupakan kebutuhan dasar manusia, bila pada setiap ruang individu memiliki kesadaran akan komitmen dan tanggung jawab maka pelaksanaan pendidikan pada ruang yang lebih luas lagi akan tercapai secara merata.

Untuk mencapai hal tersebut, pelaksanaan pendidikan sebaiknya didasari atas kesadaran penuh oleh setiap individu bahwa pendidikan merupakan bagian kehidupan manusia, jika manusia dalam setiap detiknya membutuhkan oksigen untuk bernafas, setiap harinya membutuhkan makanan sebagai sumber energi, jika dalam waktu yang panjang membutuhkan tempat tinggal sebagai tempat bernanung, maka tidak terkecuali dengan pendidikan. Mengapa demikian, logika sederhananya adalah jika manusia perlu untuk memenuhi kebutuhan dasar tersebut maka haruslah ada sesuatu yang disebut sebagai cara untuk mendapatkan, cara untuk menggunakan, cara untuk mengelola dan merawatnya. Cara itulah yang kita sebut sebagai ilmu dan pengetahuan. Ilmu dan pengetahuan bisa didapatkan salah satunya melalui sarana pendidikan.

Selanjutnya pendidikan harus mampu menjadi media untuk memperdayakan ranah pikiran, ranah hati, ranah perasaan atau emosiaonal, ranah sosial, ranah religi, serta ranah raga. Ranah pikiran untuk melatih kecerdasan anak didik. Ranah hati, agar anak didik bisa mempunyai mempunyai budi pekerti luhur. Ranah perasaan atau emosional, agar mampu menjadikan anak didik memiliki jiwa dan perasaan yang halus dan estetis. Ranah sosial, agar anak didik memilki etika dan moral yang baik sehingga dapat berkomunikasi dan hidup di dalam masyarakat. Ranah religi agar anak didik dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Ranah raga, agar anak didik memiliki jiwa dan raga yang sehat.

 

Avicenna Education Malang

Malang, 29 Agustus 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *