Etika dan Cara Menerima Tamu Yang Baik

etika-menerima-tamuEtika dalam menerima tamu – Sebagai makhluk sosial tentunya kita pasti dong silaturahim, berkunjung ke rumah teman atau sebaliknya teman yang berkunjung ke rumah kita.

Nah melalui artikel ini ayo kita sama – sama belajar tentang akhlaq mulia dalam menerima dan melayani tamu. Seperti apa saja sih yang perlu adik – adik lakukan dalam menyambut tamu atau menerima tamu?

1. Jawab salam dari mereka
Pastikan untuk membalas salam jika orang tersebut mengucapkan salam. Lalu seperti apasih salam yang biasa diucapkan oleh tamu ? ~ Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh kalimat tersebut adalah bacaan salam yang biasa diucapkan oleh para muslim.

2. Persilahkan tamu tersebut untuk masuk ke rumah
Lebih baik kalau mengajak tamu untuk masuk ke dalam rumah ya (ruang tamu), daripada hanya bertamu di teras. 🙂

3. Ajaklah tamu untuk berbicara dengan cara yang sopan, sembari menikmati hidangan yang telah disiapkan

4. Jika tamu tersebut ada keperluan dengan orang tua kita, dan jika pada waktu itu orang tua kita tidak sedang sibuk atau istirahat, maka panggilkan.. Namun jika pada waktu itu orang tua kita sedang sibuk atau sedang istirahat, maka mintalah ma’af dari tamu tersebut dengan cara yang sopan.

5. Jika keperluan tamu itu sudah selesai dan hendak pamit pulang, maka sampaikanlah permohonan ma’af. Siapa tahu ketika melayaninya ada kesalahan dari kita yang belum kita sadari.

Bagaimana adik – adik Avicenna, cukup mudah bukan ? Sekarang waktunya untuk mempraktekan apa yang sudah di ketahui. Sehingga ilmu kalian menjadi ilmu yang bermanfa’at. Amin…

INFO: Selain memberikan pelajaran umum terkait akademik untuk siswa SD dan SMP, Avicenna Education juga memberikan tambahan materi akhlaq mulia, belajar mengaji (TPQ) dan Qiro’atil Qur’an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *